BAB III – PEMBAHASAN (KRITIK ARSITEKTUR)

Guangxi Culture & Art Center 

Guangxi Culture & Art Center, Nanning

  • Arsitek : gmp Architects
  • Lokasi : Liangqing Qu, Nanning shi, Guangxi Zhuangzuzizhiqu, China
  • Fungsi Bangunan : Cinema
  • Luas Lahan : 113764 m²
  • Proyek Tahun : 2018

Pusat Seni & Budaya Guangxi di kota Nanning di Cina selatan telah dibuka secara resmi. Menyusul penyelesaian proyek serupa di Tianjin, Chongqing dan Qingdao, ini adalah teater besar keempat yang harus diselesaikan oleh Von Gerkan, Marg dan Rekan (GMP) di Cina. Nanning, ibukota provinsi Guangxi, sekarang memiliki jenis tempat yang, dengan program acara kebudayaannya yang luas, sangat populer di Cina dan dengan demikian menambah daya tarik kota. Menyusul selesainya pameran dagang dan pusat konferensi Nanning, ini adalah bangunan kedua GM untuk kota yang menambah penampilannya yang berbeda di kaki langit kota.

Guangxi Culture & Art Center, Nanning

Tempat acara budaya ini adalah karya kedua yang dilakukan perusahaan Jerman gmp – Architekten von Gerkan, Marg dan Mitra – yang dilakukan di Nanning, ibukota Daerah Otonomi Guangxi Zhuang di Cina selatan. Tempat ini adalah teater dari jenis yang sangat populer di China dan berfungsi sebagai tempat untuk berbagai program musik dan budaya: selain karya-karya klasik dalam tradisi opera Eropa, acara termasuk konser, musikal, dan pertunjukan gala.

Guangxi Culture & Art Center, Nanning

Tiga ruang konser telah diatur sebagai volume terpisah di atas sebuah bangunan batu berlapis alami yang mengakomodasi fungsi layanan. Gedung opera di barat daya dengan 1.600 kursi dan panggung 600 m² terbuka ke danau yang baru dibuat. Mengikuti tradisi rumah opera klasik, tempat duduk telah ditata dalam bentuk tapal kuda. Kios dan balkon dicapai melalui serambi dan penataan tangga. Permukaan panel kayu melengkung lembut menciptakan suasana interior yang hangat, dan waktu gema 1,5 hingga 1,8 detik memberikan kondisi akustik yang ideal.

Guangxi Culture & Art Center, Nanning

Gedung konser dengan 1.200 tempat duduk terletak di sisi timur dan telah dirancang sebagai segi enam lonjong dengan area panggung bundar. Memiliki fitur organ dengan 64 register dan karenanya cocok untuk pertunjukan musik mulai dari musik skala kecil hingga konser simfoni oleh komposer seperti Bruckner. Garis-garis kayu lebar di dinding dan langit-langit memberikan tatanan ritme tertentu pada tampilan visual.

Guangxi Culture & Art Center, Nanning

Aula terkecil, dengan 550 kursi, adalah aula multi-fungsi dan terletak di utara. Akustik yang dikontrol secara elektronik memastikan bahwa waktu gema dapat disesuaikan dengan variabilitas tak terbatas. Skenario panggung yang berbeda untuk pertunjukan musik, balet, dan teater serta peragaan busana dapat dibuat dengan bantuan platform angkat.

Guangxi Culture & Art Center, Nanning

Tiga bangunan tempat disatukan oleh atap yang seolah-olah mengambang. Mirip dengan fasad, tampak sebagai struktur besar kisi-kisi, yang telah dibangun dengan substruktur rangka baja dan panel aluminium dilipat putih sebagai penutup. Jika dilihat dari tepi Sungai Yong yang berlawanan atau dari pendekatan melalui Jembatan Nanning, bentuk putih cemerlang dari pusat kebudayaan Nanning dan provinsi Guangxi yang luar biasa ini tampak penuh percaya diri, berbeda dengan lingkungan sekitarnya. Tergantung pada sudut pandangnya, siluet bangunan berubah secara dinamis, membangkitkan asosiasi dengan formasi karst alami yang sangat khas dari lanskap Guangxi.

Denah

屏幕快照_2018-09-05_09.54.21屏幕快照_2018-09-05_09.53.59

Potongan

屏幕快照_2018-09-05_09.57.10屏幕快照_2018-09-05_09.56.49

 

 

DAFTAR PUSTAKA

https://www10.aeccafe.com/blogs/arch-showcase/2018/10/18/guangxi-culture-art-center-in-china-by-gmp-architects/

https://www.archdaily.com/901449/guangxi-culture-and-art-center-gmp-architects/5b8f4b50f197cc30e00000fa-guangxi-culture-and-art-center-gmp-architects-section-of-the-concert-hall

http://www.arquitecturaviva.com/en/Info/News/Details/12787

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s